March 13, 2014

Suatu Catatan di Siang Hari

Katanya aku telah berubah. Well, I'm not the old Syaffa anymore.

Lalu aku berpikir, seperti apa aku yang dulu? Bahkan dengan membuka kenangan-kenangan lama saat SMA tidak mampu menjawabnya. Aku tidak tahu di bagian manakah aku berbeda dulu? Apakah aku berbeda dengan aku yang kelas 10? Aku yang kelas 12? Aku sejak tahun 2011? Ah, entahlah! Mari kita simpulkan bahwa aku berbeda dengan yang dulu. Dan Kau dapat dengan bebas memilih masa yang aku sebut 'dulu' itu.

Jadi..... Di sinilah aku sekarang. Mahasiswa, ehem, semester kedua Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Aku yang selangkah lebih dekat dengan cita-citaku. Aku yang akhirnya berkenalan dengan dunia yang jauh lebih luas. Aku yang mengalami banyak masalah yang baru pertama kali aku temui.

Kalau dulu aku hanya diam, apakah aku bisa tidak diam?
Kalau dulu aku hanya nyaman berada di balik layar, apakah aku mampu berada di depan layar?
Kalau dulu aku hanya seseorang di barisan belakang, mampukah aku membuka jalan ke barisan terdepan?
Kalau dulu aku hanya nyaman dengan lingkungan dekatku, mampukah aku memperlebar zona nyaman itu?
Kalau dulu aku hanya mengikuti, bisakah aku sekarang diikuti?

Jadi..... Sekarang dan selamanya, aku adalah seorang pembelajar. Belajar untuk mampu, untuk bisa, untuk berubah. Seperti kata peer conselour saya alias Kak Hendra: Bukan keluar dari zona nyaman, tapi buatlah zona nyaman Kamu itu seluas mungkin! 

Jika aku harus menyimpulkan, maka aku berubah. Aku tidak peduli sejak kapan perubahan itu terhitung. Aku hanya akan menganggap bahwa aku berubah dari aku yang dulu!

Syaffa Taqiyyah
Bendahara Sektor 1 FKDF Unpad

0 komentar:

Post a Comment