October 23, 2013

It's Been A Long Time

Ah, sudah bulan apa ini? Sudah tanggal berapa ini? *lalu menatap pojok kanan bawah layar laptop* 21 Oktober 2013. Kawan, tahukah apa arti semua ini? Selain UTS yang akan aku jumpai siang nanti. Selain deadline PKM yang kian mendekat.

Saat aku melihat post-ku yang terakhir, tertanda 12 Agustus 2013. Artinya tidak lain dan tidak bukan adalah sudah dua bulan lebih sejak aku menulisnya. Tentu, maknanya tidaklah semudah itu. Bukan aku merayakan reuni dengan blog tercinta ini. Namun, lihatlah post itu. Sungguh, ada begitu banyak perubahan yang terjadi. Begitu besar perubahan yang ada. Lalu saat aku kembali membacanya, ada banyak rasa yang datang. Sedih, kecewa, malu, semangat, geli, dll. Namun, ada rasa tertantang yang datang melebihi rasa lainnya.

Kadang (atau sering) aku merenung. Tentu bukan karena efek dari mata kuliah filsafat yang aku ikuti. Sering kali kegiatan merenung itu datang tanpa direncanakan terlebih dahulu. Namun terjadi tiba-tiba, entah saat aku sedang browsing, membaca buku, berjalan pulang, menonton tv, atau apa pun itu.

Ya, aku merasa berbeda. Berbeda dengan diriku saat itu. Aku merasa menjadi pribadi yang berbeda. Dengan memegang harapan akan menjadi pribadi yang lebih baik. Tapi, hei, siapa sih yang tidak ingin menjadi lebih baik?

Namun terkadang aku sendiri pun tidak tahu. Mana yang lebih baik? Saat itu atau saat ini? Karena renunganku tidak selalu membawa jawaban dari banyak pertanyaan yang terlontar dalam pikiranku. Namun selalu muncul pertanyaan-pertanyaan baru yang datang tanpa diundang. Pertanyaan yang selalu hadir membayangi bahkan di tengah teriknya matahari.


Saat ini aku hanya butuh ikhlas.

0 komentar:

Post a Comment