October 14, 2011

teliti itu ternyata sangat penting

Lagi-lagi gara-gara gak teliti. Jadi gini, beberapa minggu yang lalu kelasku ada ulangan matematika. Pokonya, aku ngerasa bisa banget deh. Pas mau ulangan tuh semangat! Ngerjain semua latihan-latihan di buku. Sama latihan-latihan yang di modul les juga dibaca! Pokonya 1000% yakin deh kalo bisa.
Nah, tibalah di hari H. Aku yakin banget pas ngerjainnya. Kertas ulangan udah penuh sama coret-coretan. Aku juga ngerjainnya cepet. Setelah beberapa lama, aku akhirnya selesai. Aku mulain deh ngegambar-gambar ga jelas di belakang buku (kerjaanku kalo lagi bete). Bu Ninik udah memersilakan buat ngumpulin. Tapi aku nunggu ada yang ngumpulin dulu. Terus, akhirnya ada satu orang ngumpulin. Aku nunggu lagi, soalnya gatau kenapa aku selalu pengen yang ketiga kalo hal kaya gitu. Pas udah ada yang maju lagi, aku ngumpulin deh. Agak deg-degan juga. Takutnya ada yang salah ngitung!
Beberapa minggu kemudian, ulangannya dibagi. Pas namaku dipanggil, aku deg-degan banget! Dalem bayanganku itu, minimal 90lah dapet. Ternyata, nilaiku 87! Kecewa deh. Ko bisa? Perasaan jawabnya udah bener semua. Pas aku liat lagi, ternyataaaaaaa: aku salah tiga.
- satu soal lupa aku kasih pilihan a-b-c-d-e nya. Padahal, dari 4 pernyataan, aku udah nandain mana pernyataan yang bener. Tapi, ga ada pilihan jawaban a-b-c-d-e-nya Jadi di kertas tuh emang ga dikasih tau pilihannya. Pilihan jawabannya ada di papan tulis.
- satu soal lupa aku centrang pilihan jawabannya! Sumpah itu nyesek banget T-T
- dan satu soal kecele baca soal! Jawabanku itu n:w = 1 : 4 sedangkan di soal w:n = 4 : 1. Aku cuma bisa lemes ngeliat nomor itu.
Nomor 10 yang aku takutin, malah ternyata bener. *deepsigh*
Jadi temen-temen, kalo ulangan tuh jangan sombong! Jangan pernah males buat meriksa lagi lagi dan lagi! Harus teliti juga, plus ngedengerin guru kalo lagi ngomong. Karena ternyata, Bu Ninik udah ngasih tau ke kita kalo salah satu pilihan jawaban ada di papan tulis!
Ini jadi pelajaran yang amat berharga buatku. Karena gara-gara kecerobohanku juga, nilaiku yang harusnya bisa 100 malah jadi 87. (maklum, sama bu ninik ga dikasih nilai tambahan apapun walau jawaban udah bener kaya kasusku itu). Pokonya, sekarang setiap ulangan aku bakalan lebih teliti lagi! Haphap!

0 komentar:

Post a Comment