September 29, 2011

ya, kita semua pasti mengalami hal itu

Mungkin kalian pernah denger berita tentang wafatnya salah satu orangtua temen kita. Tapi (mungkin) rata-rata banyak sebagian dari kita yang sekedar denger berita itu. Istilahnya, masuk kuping kanan, keluar kuping kiri. Kita seolah-olah tidak peduli. Karena yang tertimpa hal itu bukanlah teman dekat kita.
Tapi, lain halnya kalau itu teman dekat kita. Sahabat kita sendiri. Bahkan, ada rasa tidak percaya. Padahal, kayaknya baru kemarin kita memanggil sahabat kita dengan nama orangtuanya untuk sekedar ledekan.
Sewaktu saya mendengar salah satu orangtua sahabat saya meninggal dunia, rasanya saya langsung shock. Sahabat saya sendiri. Saya langsung pergi bersama teman yang lain ke rumahnya. Di depan kompleknya, sudah ada bendera kuning. Jantung saya berdetak semakin kencang. Tidak pernah terpikirkan bahwa hal itu akan terjadi pada orang yang dekat pada saya. Sesampainya di rumahnya, suasana langsung terasa berbeda. Tenda dan kursi-kursi dipasang di depan rumah. Tirai untuk menutupi tempat mandi sudah terpasang. Baskom yang ditutup kain berada di atas kursi depan rumah.
Saya berpikir, apa yang harus saya katakan? Ketika saya masuk, saya langsung terpaku. Melihat ayah sahabat saya yang sudah terbujur kaku. Dan sahabat saya yang suaranya sudah amat serak karena menangis yang terlalu banyak. Saya benar-benar tidak tahu apa yang harus saya katakan. Saya hanya bisa memeluknya.
Bohong jika saya mengatakan kalau saya mengerti apa yang dia rasakan. Karena sejujurnya, saya benar-benar tidak memahami bagaimana rasanya. Saya tidak dapat membayangkan sedikitpun jika saya yang tertimpa hal itu. Ketika ada seorang guru yang mengatakan, "Kita semua pasti mengalami hal itu". Saya agak sedikit merinding. Ya, saya tahu kita semua pasti merasakannya. Tapi, sekeras apapun saya membayangkannya, saya tetap tidak bisa merasakan apa yang sahabat saya rasakan. Sesedih apapun, saya tetap tidak akan bisa membayangkan bagaimana perasaan sahabat  saya itu.
Dari peristiwa itu, saya mengambil kesimpulan. Kita tidak akan bisa merasakan sesuatu yang belum kita alami. Dan, kita semua pasti mengalami hal itu.

0 komentar:

Post a Comment